Kamis, 24 April 2014

Tips menghadapi teman Dalam Kerja Berkelompok

Tugas kerja kelompok? Tidak semua orang nyaman dengan tugas kelompok. Sering kali, dalam sebuah kelompok ada anggota yang tidak bekerja dan hanya menyumbang nama dan ada pula teman yang senang memegang kendali alias suka mengatur,

Lantas, bagaimana cara untuk dapat mengatasi ketakutan dalam mengerjakan tugas ke-lompok? Berikut tipsnya:

1. Minta Kontak Anggota
Untuk memudahkan sharing informasi, koordinasi pembagian tugas antar anggota kelompok, serta pengaturan janji temu, kita harus mengetahui kontak teman-teman satu kelompok. 

2. Bagi Tugas
Setiap melakukan kumpul kelompok, pastikan selalu membuat catatan mengenai daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan tiap anggota tim. Sebutkan secara spesifik tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Saling Cek
Tanyakan kepada teman-teman satu kelompok mengenai kemajuan tugas individu yang diberikan secara sopan tanpa harus mengganggu. 

4. Waktu Berkumpul
Setelah setiap anggota kelompok mendapatkan tugas individu dan diberikan tenggat waktu untuk menyelesaikannya, atur waktu untuk berkumpul bersama guna menyatukan semua tugas individu masing-masing anggota. 

5. Hadapi Si Pemalas
Ketika melihat gelagat Si Pemalas dalam diri teman satu kelompok, jangan hanya me-ngeluh tanpa berbuat apa-apa. Ingatkan dia akan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Jika tidak ada perubahan, segera tanyakan pendapat rekan-rekan lain mengenai keberadaan Si Pemalas dalam kelompok ini. 


6. Tidak Perlu Saling Benci
Tugas kelompok menguji kesabaran dan bagaimana cara kita menghadapi teman yang memiliki kepribadian bertolak belakang. 
Tiap anggota pasti memiliki kepribadian berbeda maka tidak jarang akan muncul perbedaan pendapat. 

Nah, itulah beberapa tips untuk sukses menghadapi tugas kerja kelompok. So, dimana, kapanpun, bersama siapapun, lakukanlah hal terbaik yang bisa kita lalukan :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips menghadapi teman Dalam Kerja Berkelompok
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.